Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector
aboutus website design services

Willkommen auf mein web blog

Best regard. I will do my best to make it interesting and useful. Greeting to toko online Prestashop!

29 September 2013

Google Adsense rejected my blog blogger resubmitting


Untuk kedua kalinya permintaan bergabung blog saya ke Google Adsense ditolak. Penolakan pertama karena alasan “Under Construction” yang memang saat itu blog yang saya ajukan belum dilengkapi navigasi seperti menu bar (Dropdown menu). September 2012 ini saya kembali menerima  penolakan yang mengatakan blog http://breakdown-cover-cheap.blogspot.com belum mematuhi kebijakan Google Adsense (pedoman mutu webmaster Google). Saya disuruh mengunjungi URL ini :


Tampaknya jalan yang harus saya tempuh masih panjang untuk lolos Google Adsense. Saya memahami jika mereka katakan :

Sasaran kami adalah memberikan pengiklan kami situs yang menawarkan konten
bermakna, menerima kunjungan organik, dan memungkinkan kami menayangkan
iklan yang ditargetkan dengan baik kepada pengguna.  Kami meyakini bahwa saat ini situs Anda tidak memenuhi kriteria ini.

(terjemahan)

Saya coba melacak error yang telah saya lakukan meski rasa-rasanya artikel blog sudah dipersiapkan dengan cermat. Akhirnya Webmaster Tools Google mengirim jawaban ini :

Google Webmaster Tools: Quality Issues on http://breakdown-cover-cheap.blogspot.com/
16 Juni 2012
Dear site owner or webmaster of http://breakdown-cover-cheap.blogspot.com/,
We've detected that some of your site's pages may be using techniques that are outside Google's Webmaster Guidelines. If you have any questions about how to resolve this issue, please see our Webmaster Help Forum for support.
Sincerely,
Google Search Quality Team

Rejected Google Adsense website


That's all we know - Happy blogging!

read more website design

27 September 2013

Memantau performa website blog blogger – Bagian 1


Kita tahu kriteria Google teramat ketat untuk website dan blog yang akan gabung ke Google Adsense. Tapi kita masih beruntung, Google menyediakan Webmaster Tools membantu kesuksesan website blog agar lolos GA atau untuk sekedar memantau performa website.

Dengan Webmaster Tools kita bisa melihat sejauh mana pemenuhan performa website terhadap standar Google, meskipun website tidak secara khusus disiapkan untuk Google Adsense, Anda layak mencoba memanfaatkan Webmaster Tools, meski untuk tujuan lain, misalnya bergabung ke PPC pesaing Google Adsense atau program monetize website lain.

Tiga hal bisa dipantau :
  1. Memantau Performa Keyword website di Search Engine Result Pages Google (SERP) atau Halaman Hasil Pencarian Search Engine Google.
  2. Menganalisis External Link
  3. Menganalisis Internal Link.

Performa Keyword Website di SERP Google

Sebagai blogger atau webmaster (admin website), jawablah pertanyaan ini :
  • Seberapa banyak orang menemukan situs Anda via search engine Google?
  • Mengapa harus Search Engine Google yang menjadi standar penilaian performa website?
  • Melalui keyword pencarian apa saja orang menemukan situs Anda di Google?
Dan yang lebih penting!
  • Pada posisi berapakah link-link situs tampil di halaman hasil pencarian Google?
Untuk menjawab, buka WEBMASTER TOOLS untuk melihat list website Anda. Klik salah satu untuk dianalisis. Jika belum pernah pakai layanan ini, lakukan registrasi dengan Gmail Anda di :

Webmaster Tools - Improve your website's visibility in SERPs. It's free.

LOGIN dengan alamat Gmail, kemudian ke fitur :

  • Your site on the web >> Search Queries

Untuk melihat performa website di Google, gunakan grafik performa pencarian.  Sekilas Anda akan memperoleh gambaran pertumbuhan website dalam berbagai jenis pencarian Google dalam sebulan  via  grafik  “Search Queries”

Queries          :   Keyword yang lazim dipakai mencari informasi di Search Engine Google.

Impressions  :   Seberapa sering link-link situs disertakan di Halaman Hasil Pencarian Google.
Dengan grafik diatas Anda mengetahui :
  • Seberapa banyak keyword yang biasa dipakai orang untuk mencari informasi yang mereka butuhkan di Google dan akhirnya masuk ke website Anda?
  • Seberapa sering link-link halaman website Anda disertakan di Halaman Hasil Pencarian Google melalui Queries tersebut?
  • Berapa banyak orang klik dari hasil pencarian tersebut? (disebut dengan istilah CLICKS).
Ringkasan dapat dilihat pada kotak di bawah grafik Search Queries. Arahkan POINTER ke item tanggal tertentu untuk melihat data CLICK dan IMPRESSIONS.

Kriteria :
Semakin tinggi nilai data CLICK dan IMPRESSIONS maka performa website semakin bagus.

Untuk Analisa mendalam, gunakan fitur ini :  (Klik Drop-down ALL, lalu pilih pembatasnya).
  1. Pembatasan Jenis Pencarian
  2. Pembatasan Lokasi Pencarian
  3. Pengaturan rentang Waktu.
Anda dapat mengkombinasikan 3 batasan diatas sesuai kebutuhan.

Misal, ingin tahu Performa Website dengan batasan : Untuk jenis pencarian GAMBAR, Lokasi countries = INDONESIA dan rentang waktu = 1 MINGGU TERAKHIR.

Pemantauan keyword website dan performanya dapat diamati dari tabel di bagian bawah. Tabel Query yang ditampilkan otomatis mengikuti pengaturan grafik yang Anda lakukan.. Dengan tabel tersebut dapat dijadikan alat analisis :
  • QUERY
Klik link judul kolom “QUERY” untuk menampilkan data query tersaji berdasarkan alfabeta. Analisa Query memudahkan menentukan keyword apa saja yang bisa diandalkan.
  • IMPRESSIONS
Klik link judul “IMPRESSIONS” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasar Impressions (jumlah penampilannya di halaman hasil pencarian search engine). Analisa Impressions memudahkan menemukan keyword paling sering muncul di SERP Google.
  • CLICKS
Klik link judul kolom “CLICKS” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan JUMLAH KLIK PENCARI.  Analisa Clicks memudahkan menemukan keyword apa saja yang paling sering memicu datangnya pengunjung dari referensi SERP Google.
  • CTR (Click Through Rate)
Klik link “CTR” untuk menampilkan data query tersaji berurutan berdasarkan RASIO PERBANDINGAN antara JUMLAH KLIK dengan JUMLAH IMPRESSIONS. Analisa CTR memudahkan menemukan % efektifitas keyword website.

Important Note:
Semakin tinggi nilai % CTR berarti semakin efektif penggunaan keyword. IDEALNYA jika nilai CTR 100% berarti keyword andalan Anda SELALU berhasil memicu kunjungan ke website.
  • AVG. POSITION
Klik link judul kolom “AVG. POSITION” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan POSISI LINK website di SERP Google. Analisa Avg. Position mempercepat mengetahui keyword apa saja yang menempati POSISI TERBAIK di halaman hasil pencarian mesin pencari.

Tabel Query bisa di-DOWNLOAD untuk dianalisis dengan klik “Download this Table” lalu simpan dengan extension file .csv. Untuk membukanya gunakan aplikasi pengolah angka (EXEL).

optimize_website_design_code

Anda bisa check setiap Query untuk melihat fluktuasi posisi Query di SERP Google.  Atau meninjau halaman website yang terkait dengan keyword bersangkutan.  Silahkan klik item Query yang ingin diperiksa untuk meninjau halaman yang dirujuk oleh keyword tersebut.

BERSAMBUNG  PART 2 - Memantau dan Menganalisis External Link


ARTIKEL TERKAIT :
Analisa External Link blog dengan Webmaster Tools - 2
Analisa internal link blog dengan Webmaster Tools – 3



read more website design

Analisa External Link blog dengan Webmaster Tools - 2


Pada Part 1 Anda menguji sejauh mana performa KEYWORD website atau blog di halaman hasil pencarian Search Engine (SERP). Dari tabel Query dapat dianalisa aspek-aspek website. Setidaknya ada 3 hal yang bisa dipantau dari performa website dengan Webmaster Tools, yaitu :
  1. Memantau Performa keyword website di SERP (Search Engine Result Page) Google.
  2. Memantau dan Menganalisis External Link
  3. Memantau dan Menganalisis internal link

Memantau Performa Keyword website

Berikut ini tinjauan ulang Bagian SATU. Karena pentingnya bagian ini maka untuk memperkuat pemahaman konseptual, sengaja saya ulang lagi aspek-aspek penilaian pada part SATU.

QUERY
Klik link judul kolom “QUERY” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan alfabeta. Analisa Query memudahkan Anda mendata keyword apa saja yang bisa diandalkan.

IMPRESSIONS
Klik link judul “IMPRESSIONS” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan Impressions (Jumlah penampilan di halaman hasil pencarian Google). Analisa Impressions memudahkan menemukan keyword apa saja yang paling sering muncul di SERP Google.

CLICKS
Klik link judul kolom “CLICKS” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan JUMLAH KLIK PENCARI. Analisa Clicks memudahkan Anda menemukan keyword apa saja yang paling sering memicu datangnya pengunjung dari referensi SERP Google.

CTR (Click Through Rate)
Klik link judul kolom “CTR” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan RASIO PERBANDINGAN antara JUMLAH KLIK dengan JUMLAH IMPRESSIONS. Analisa CTR memudahkan Anda menemukan prosentase efektifitas keyword website.

Important Note :
Semakin tinggi nilai % CTR berarti semakin efektif penggunaan keyword Anda. IDEALNYA jika nilai CTR 100%, itu artinya keyword andalan Anda SELALU berhasil memicu kunjungan ke website.

AVERAGE POSITION
Klik link judul kolom “AVG. POSITION” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan POSISI LINK website di SERP Google.

Memantau dan Menganalisis External Link - website files

Analisa Avg. Position mempercepat mengetahui keyword apa saja yang menempati POSISI TERBAIK di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP) Google.

Link dari website lain yang merujuk ke halaman-halaman website Anda sangat penting kontribusinya untuk memperbaiki posisi website dalam SERP semua search engine.

Seberapa jumlah eksternal link  akan sangat menentukan seberapa populer website Anda di mata Search Engine. Semakin banyak Link Eksternal yang berkualitas maka oleh Search engine halaman-halaman website akan dianggap semakin penting. Link berkualitas adalah link tersebut berasal dari website yang memiliki PageRank (PR) lebih tinggi.

Webmaster Tools menyediakan fitur untuk menganalisis Link Eksternal. Dari halaman Dashboard, Anda dapat mengaksesnya dari menu :

Your site on the web  >>   Links to your site
Links-to-your-website in website design

Apa manfaatnya?
Anda bisa tahu halaman unggulan situs yang belum banyak memperoleh Eksternal Links, sehingga dapat ditempatkan keyword-keyword populer di halaman tersebut.

Untuk memeriksa lokasi Eksternal Link halaman website, Anda klik saja ITEM ANGKA pada baris halaman web. Misalkan saja gambar diatas berasal dari website saya dan saya klik item angka 3.

ketika ingin check perolehan eksternal link webpage http://apptorial.com/ yang berasal dari halaman website atau blog lain yang merujuk ke halaman tersebut. Maka akan ditampilkan Daftar Link Halaman Web Perujuk ke webpage saya http://apptorial.com/

Jika penasaran dengan salah satu website perujuk, Anda hanya perlu klik link-nya, maka halaman spesifik website tersebut ditampilkan.

Anda bisa Download dengan klik link dibawahnya. Simpan sebagai file.csv untuk bahan analisis lanjutan.


CONTINUED TO     :  PART 3   -  Memantau dan Menganalisis internal Link
RETURN TO           :  PART 1  -   Memantau Performa Keyword Website



read more website design

Analisa internal link blog dengan Webmaster Tools – 3


Artikel ini bagian ketiga dari 3 seri tulisan Memantau dan Menganalisis Performa situs website atau blog dengan Google Webmaster Tools.

Resume keyword, internal link dan eksternal link website

Bagian terakhir ini mengupas analisa internal link dari inner pages. Bagian ini sebagai kelanjutan dari bagian sebelumnya.

Bagian 2 membicarakan eksternal links / Backlinks / Inbound Links / Incoming Links. Analisa eksternal link penting dan relevan dengan usaha meningkatkan trafik. Ini terkait dengan seberapa populer website di mata Google.

Semakin banyak link dari situs-situs lain ke halaman web (baik homepage maupun inner page) suatu website, maka akan semakin dianggap penting oleh search engine Google. Atau semakin populer diukur dari tingginya pagerank.

Kemudian pada Bagian Pertama membicarakan Performa keyword website di halaman hasil pencarian search engine (Search Engine Results pages / SERPs) untuk menjawab pertanyaan :
  • Berapa banyak orang yang menemukan website Anda di search engine Google? 
  • Melalui keyword apa saja seseorang dapat menemukan dan berkunjung ke website Anda?
Pertanyaan terpenting selanjutnya adalah :
  • Pada posisi berapakah link-link halaman website Anda tampil di SERP Google?
Internal Links VS Eksternal Links in website

Mengapa search engine google dianggap penting bagi website?

Seseorang mengunjungi search engine karena mencari informasi dan memasukkan keyword-keyword relevan dengan informasi yang diinginkan. Pengunjung seperti ini dinilai sebagai visitor berkualitas tinggi karena berpeluang lebih besar meng-klik atau melakukan tindakan yang diinginkan (seperti melakukan pembelian, download PDF, video, MP3 atau transaksi lain).

Search engine Google paling dominan dibanding search engine manapun. Statistik SERP menunjukkan lebih 60% kapitalisasi pasar SERP dikuasai Google. Disarankan website memenuhi standar-standar Google Webmaster Tools.

Memantau dan Menganalisis Internal Link website

Internal Links adalah link-link antar halaman dalam website. Data internal links ini untuk mengukur :
  • Seberapa penting sebuah halaman web dalam website Anda?
Data ini juga digunakan Google untuk memperoleh gambaran struktur website.

Fitur pemeriksaan Internal Links bisa diakses pada menu :
  • Your site on the web   >>    Internal Links
Penggunaan data dan analisis data kurang lebih sama dengan pemeriksaan Eksternal Links (Part 2).

Manfaat analisis Internal Links bagi blogger dan pemilik website?

Analisis ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk melihat :

1.   Apakah penyebaran internal links website Anda sudah terstruktur dengan baik?

Sitelink Google
Idealnya halaman-halaman Menu Utama ditempatkan internal links paling banyak, kemudian diikuti halaman-halaman sub-Menu, dan halaman-halaman content artikel.

Salah satu faktor pertimbangan Google memberi bonus SITELINKS (otomatis juga ditempatkan pada urutan pertama di halaman pertama) SERP Google adalah Penyebaran internal Links telah terstruktur dengan baik.

2.   Penggunaan lain :  Untuk hindari Broken Link saat menghapus / mengubah web page

Jika Anda bermaksud mengganti (hapus) halaman website tertentu, sebaiknya periksa dahulu data Internal Links yang ada sebagai bahan pertimbangan.  Data ini membantu Anda menelusuri halaman-halaman lain yang merujuk ke halaman yang akan dihapus atau diubah.

Broken Links sangat tidak disukai Google dan tamu website pun tidak merasa nyaman.


ARTIKEL TERKAIT
PART 1  -   Memantau Performa Keyword Website di SERP Google
Analisa External Link blog dengan Webmaster Tools - 2



read more website design

Rich snippets : Uji coba data terstruktur website blog


Berawal dari cari tahu error apa saja yang terjadi pada blog saya breakdown-cover-cheap sehingga di-reject Google Adsense (GA). Semua Bad-Link dihapus, begitu juga dengan semua snippet tambahan di template blog blogger tersebut – yang dulu dipasang untuk membantu meningkatkan visitor dan pagerank. Tapi masih saja di-reject GA untuk kedua kalinya September 2011. Setahun kemudian Google Adsense. lagi-lagi menolak. Dalam pencarian tersebut justru saya temukan ini.

Rich snippets testing tool - website-files

Saya temukan error saat cek URL blog dengan fitur baru Google Webmaster Tools - rich snippets testing tool (Alat  Testing Data Terstruktur).

Penjelasan resmi tentang alat ini :
  • Gunakan - Rich snippets testing tool untuk memeriksa apakah Google dapat mengurai markup data terstruktur dengan benar dan menampilkannya dalam hasil penelusuran.
Cara penggunaannya, klik link diatas, ketik URL blog, lalu klik PRATINJAU seperti berikut :

uji data terstruktur website blog
Setelah saya membuat komentar dengan reply yang berbeda warna untuk admin, ternyata menyebabkan terjadi ”hcard errors = Missing required field "name (fn)" pada blog.  Hasil analisa blog memunculkan 7 postingan di blog saya Error seperti ini :

error post blog

Warning: Missing required field di Rich Snippets Testing Tool ini banyak didapati pada blog Blogger, tapi banyak admin blogger tidak ambil pusing. Padahal setiap error seharusnya diatasi karena mempengaruhi kredibilitas blog di hadapan si penentu posisi (Pagerank), yaitu Google.

Jika uji Rich Snippets Testing Tool menghasilkan teks warning berwarna merah Warning : Missing required field "updated" & Warning: Missing required hCard "author" solusinya :

Tambahkan metadata berikut ke file template (HTML)

<div class='vcard' id='hcard- Nama anda'>
<span class='fn n'>
<span class='given-name'>Posted by: nama anda</span>
</span>
</div>
<a class='updated' href=' http://namablog.blogspot.com/ ' rel='bookmark'>namablog,</a> Updated at: <abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr>

Solusi Missing required field updated dan Missing required hCard author

Ikuti tahapan rinci di bawah ini :

Langkah 1
Masuk ke dashboard blogger  >> Desain >> Edit HTML.   Jangan lupa centang 'Expand Template Widget' Untuk amannya disarankan "Download Full Template" dan SAVE  template ke hard-disk.

Langkah kedua
Cari kode di bawah ini :

  • <data:post.body/>
    <div style='clear: both;'/><!-- clear for photos floats -->
    </div>
    <b:if cond='data:post.hasJumpLink'>
    <div class='jump-link'>
    <a expr:href='data:post.url + &quot;#more&quot;' expr:title='data:post.title'><data:post.jumpText/></a>
    </div>
    </b:if>

Langkah ketiga
Memasukan kode meta data tadi di antara code yang baru saja kita cari di langkah ke-2, sehingga menjadi seperti ini :

<data:post.body/>
<div style='clear: both;'/><!-- clear for photos floats -->
</div>
<div class='vcard' id='hcard- Nama anda’>
<span class='fn n'>
<span class='given-name'>Posted by: Nama anda</span>
</span>
</div>
<a class='updated' href=' http://namablog.blogspot.com/ ' rel='bookmark'>nama blog</a> Updated at: <abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr>
<b:if cond='data:post.hasJumpLink'>
<div class='jump-link'>
<a expr:href='data:post.url + &quot;#more&quot;' expr:title='data:post.title'><data:post.jumpText/></a>
</div>
</b:if>

Langkah keempat
SAVE dan lihat hasilnya pada test - rich snippets testing tool (Alat Uji Coba Data Terstruktur).



Penjelasan
Pada setiap template adanya error tersebut akan berbeda-beda dan tutorial diatas adalah untuk mengatasi error seperti contoh di atas yaitu adanya 3 unsur error;<.div>
  1. Error Hcard
  2. Error name (fn)
  3. Error updated
Jika blog mengalami salah satu error di atas, Anda mengatasinya dengan cara dibawah ini :
  1. Untuk error Hcard silahkan cari kode yang mengandung :

    <div class='vcard' id='hcard- Nama anda’>

    Mungkin setiap template berbeda-beda, jadi fokuskan pencarian pada kode vcard dan Hcard

    Jika tidak ada, masukkan code <div class='vcard' id='hcard- Nama anda’> seperti tutorial di atas

  2. Untuk error name (fn) caranya, Anda tinggal cari kode <span class='fn n'> dan jika tidak ada ikuti saja tutorial di atas.

  3. Untuk error updated, silahkan cari kode seperti di bawah ini :

    <a class='updated' href=' http://namablog.blogspot.com/ ' rel='bookmark'>nama blog</a> Updated at: <abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr> </a>

    Pada sebagian template kodenya seperti di bawah ini :

    <a class='timestamp-link' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr></a>

    Jika ada kode seperti diatas, maka cukup mengganti kode timestamp-link dengan updated. Dan yang seperti ini yang paling banyak ditemukan pada blog yang ada sekarang.
Mengapa Tool ini SANGAT PENTING?

Saya menjawabnya dengan praktek seperti di bawah ini :

Masuk ke penggunaan tool dengan klik link ini : Rich snippets testing tool

Tool richsnippets google webmaster tools

Silahkan URL blog/web Anda dimasukkan dan lihat hasilnya. Jika Anda menemukan ini :

contoh hasil Tool richsnippets

Maka ini sangat fatal karena blog/web Anda tidak terdeteksi adanya data author dan publisher. Dan ini sangat tidak bersahabat dengan SEO.  Idealnya Anda menemukan hasil seperti di bawah ini :

contoh hasil Tool richsnippets


SEMOGA BERMANFAAT


read more website design

24 September 2013

Five Great Ideas how to diversify content website blog


Website Membosankan!

Jika website (blog) membosankan, maka pengunjung ikut merasakan. Diperlukan perubahan-perubahan signifikan pada content. Banyak blogger dan webmaster terpaku pada style monoton sajian content sehingga membosankan diri mereka dan pembaca blog.

writing content website design
Komunitas Blogosphere Indonesia semakin banyak anggotanya. Mereka merasa berbakat menulis dan bersemangat membangun website. Namun sayang!. Mereka cenderung mengabaikan Style of Article, terjebak target jumlah post dengan style tulisan selalu berulang. Sebagus apapun isi content jika tersaji tanpa variasi tentu membosankan.

Content menjadi prioritas dan akan selalu demikian, terutama bagi Blogger yang mencari nafkah dengan menyediakan informasi berharga. Content adalah hal pertama yang mendapat perhatian tamu dan satu-satunya alasan utama kembali. Teks memang sangat penting tapi tidak berarti segalanya. Lakukan diversifikasi sajian content dengan sesuatu yang baru untuk memberi kejutan-kejutan baru agar pembaca selalu kembali dan kembali.

“Jangan takut bereksperimen.”
Just to say - “I will do my best to make it always interesting for you.”

5 Ideas How to Diversify Website Content

Part 1 of 3 series of Website Content Development



Berikut ini 5 ide diversifikasi content blog dan tools apa saja yang bisa digunakan :

1.     INFOGRAPHIC

Jika Anda terlibat marketing-online, tentu Anda tahu tentang infographics atau pernah melihatnya saat browsing di web. Infographics populer karena dianggap sebagai aspek content yang baik

Infographic adalah cara sangat mengagumkan untuk menyebarkan informasi kompleks dalam dataset menarik secara visual.

Tampilan Infografik bisa dilengkapi anotasi  Charts, grafik, diagram, circles, visualized maps (peta divisualisasikan), diagram, timelines (jadwal) et cetera. Seperti contoh ini :

Infographics in website free download

Infographic membuat posting Anda lebih eye-catching sehingga menarik perhatian reader dan mudah mendapatkan cakupan lebih besar di Internet. Bagaimanapun juga topik yang dipilih untuk ditampilkan dalam bentuk Infographic harus mengenai sesuatu yang baru, menarik dan cukup beralasan untuk ditampilkan. Akan lebih baik jika selain menyajikan “in-house stats” Infographic  juga menyertakan jejak statistik kecenderungan global.

Pengembangan Infographic membutuhkan banyak waktu dan usaha tapi hasilnya bisa mencengangkan. Jadi cobalah Anda membuat Infographic. Di internet tersedia banyak sumber informasi gratis untuk membantu pembuatan Infographic seperti contoh gambar diatas.

Silahkan lihat Google Public Data.

Mereka beri akses Library data publik, fasilitas Upload dataset dan mengubahnya menjadi Infographics menarik. Alternatifnya, Anda bisa Re-Post Infographics yang sudah ready di situs layanan gratis Visual.ly beserta interpretasi Anda sendiri.

BERSAMBUNG ke :
PART 2 : SLIDESHOW PHOTO and LIST.





read more website design

Part II : 5 Great ideas how to diversify content website


Perlu dilakukan variasi penampilan blog - terutama cara penulisan dan penyajian content. Karena Content adalah Prioritas Utama Indeed Content of website is the king – akan selalu demikian, terutama bagi blogger yang mencari nafkah dengan menyediakan informasi berharga. Content adalah hal pertama mendapat perhatian reader - satu-satunya alasan utama mereka kembali.

Website development : 5 ide diversifikasi content

Part 2 of 3 series of content development




2.     SLIDESHOW PHOTO

Slideshows dibagi 2 jenis yaitu Educational Presentation dan SlideShow Foto

Keduanya menampilkan serangkaian informasi bermakna dan melibatkan Reader. Jika Anda berpengalaman membuat riset sendiri, maka PowerPoint pilihan terbaik untuk memulai membuat Slideshow.

Jagalah agar slideshow tetap simple, jelas dan informatif, menggunakan Bullet lists, grafik diagram dan tentu saja tidak menyalahgunakan efek animasi (jangan berlebihan).

Mengapa? Karena efek animasi berlebihan akan mengalihkan perhatian reader.

Slideshare sumber sangat baik untuk host presentasi sebab dilengkapi kemampuan  mendapatkan kode embed untuk ditaruh di situs. Dengan slideShow, Anda bisa  segera menginformasikan events bermakna.

Untuk buat slideshow format  web-ready, gunakan free Freemake Video Converter yang memungkinkan user mengubah sejumlah besar foto ke Flash video dengan code embed yang disediakan atau upload  slide foto untuk saluran YouTube. Anda bisa menambahkan background musik dan mengalihkan (switch on) ke efek panorama. Keseluruhan proses memakan waktu beberapa menit saja.

3.    LIST

Orang suka memilih untuk mendapat pilihan terbaik menurut mereka. Mulai ungkapan "Top-10", "Best-100" atau “A to Z.”  yang  bisa digunakan untuk membuat struktur Posting  menjadi lebih baik. Selanjutnya biarkan pembaca membandingkan item-item dalam LIST.

Anda bisa membuat LIST apapun mengenai niche blog.  Misalnya sumber-daya bermanfaat, tool, video, tips atau cara-cara  untuk melakukan sesuatu.

Orang sering melakukan scan posting – yang memberi mereka alasan kuat untuk melihat item yang  menarik perhatiannya. Maka dalam membuat LIST gunakan bullet atau nomor, sisipkan gambar dan selalu tempatkan nama dalam huruf tebal.

Penggunaan LIST bukan merupakan pengganti content relevan. Jika Anda terlalu menarik perhatian dengan LIST yang tidak relevan dengan fokus utama blog, mereka tidak akan kembali, sama seperti ketika mereka mendapati posting terlalu panjang untuk dibaca.

Berikan saja HANYA informasi relevan tentang item tersebut. Misal menghitung pro dan kontra tentang suatu hal dan memberi saran bagaimana mendapatkan keuntungan dari itu.



Post terkait :

Five Great Ideas how to diversify content website blog (bagian 1)
Great ideas how to diversify content of website blog - 3



That's all we know - Happy blog blogger

read more website design

Great ideas how to diversify content of website blog - 3


Banyak pengorbanan untuk maintenance website profesional. Membangun blog membutuhkan banyak waktu dan pikiran. Sementara tamu mengutamakan content situs - menjadi prioritas dan akan selalu demikian. Content blog selalu menjadi alasan utama mereka kembali dan kembali.

Ketika membuat content teks kadang ada perasaan bosan karena Anda seperti menulis untuk Hantu – seolah tidak ada orang yang mau membaca. Atau merasa tenggelam yang tidak diketahui kedalamannya. Hanya menyisakan rasa bosan, jenuh dan jumud.

Kebosanan membunuh kreatifitas, Kebosanan terjadi karena mengabaikan penyebabnya yaitu style monoton sajian content. Jika isi blog bikin bosan Anda, reader akan merasa lebih bosan lagi.

Solusinya lakukan sesuatu yang berbeda dan gunakan beberapa variasi style content. Pada Part 1 dan Part 2  dibicarakan (1). Infographic, (2). SlideShow Photo dan  (3).  List.    Maka Part 3 menjadi bagian terakhir dari 3 session membahas Video Interview dan Question & Answer untuk content blog.


5 Ideas How to Diversify Blog Content

Part 3 of 3 series of Web Content Development



4.     VIDEO INTERVIEW

Kekuatan video sering diremehkan. Blogger sering lupa bahwa video dapat menyampaikan pesan lebih efektif, poin penting dapat lebih ditekankan dan emosi dikontrol dengan baik atau  diobservasi dengan baik sehingga bisa lebih men-support pesan yang ingin disampaikan. Video dapat menghindarkan tamu dari keharusan membaca baris-baris text panjang.

Video Interview dapat menjadi konten website. Untuk membuat Video Interview bisa dilakukan dengan bantuan Skype dan software Video Recording seperti SnagIt atau CamStudio .

Tantangannya adalah bagaimana menemukan figur tepat untuk diwawancarai, ahli dalam niche Anda, memberi opini segar dan iklas berbagi keahlian.  Anda harus mempersiapkan semua masalah teknis dan merancang pertanyaan dengan seksama.

Selama interview, tetap dijaga dialog interaktif. Jangan lupa mengatur semua untuk VISITOR yang mungkin tidak akrab sama sekali dengan topiknya. Dengan Wawancara dipastikan menambah kredibilitas sumber daya Anda sebab publik menghargai aransemen tersebut untuk content website.

Jika kemampuan dan sumber-daya terbatas untuk membuat Video Interview, maka buat saja  video monolog atau gunakan video yang relevan.

5.     QUESTION AND ANSWER (Q & A)

Jika blog sangat niche-oriented, menerima banyak email dan komentar, maka siapkan Q & A Posts  untuk pertanyaan sering diajukan (Frequently Asked Question /FAQ). Keuntungannya, Anda berkesempatan membicarakan beberapa topik kecil tetapi signifikan.

Q&A posts memberi kesempatan membangun Internal Link : dengan menyebutkan URL Posting lain dalam blog terkait pertanyaan dan membuat Anchor-Text dengan keyword yang ditargetkan.
variasi content website Question and Answer
Jangan lupa memuat semua pertanyaan dalam huruf tebal sehingga Reader bisa menggulir ke bawah (scroll-down) dan membaca pertanyaan paling menarik. Bersikaplah terbuka kepada Public Reader - Terbitkan pertanyaan-pertanyaan mereka tentang hobi Anda, minat dan lainnya untuk membina kedekatan.




That's all we know - Happy blog blogger

read more website design

23 September 2013

Menimbang Faktor Load Time dan Size Website


Loading time, SEO website dan Google PageRank

Google     memasukkan FAKTOR KECEPATAN LOADING (membuka) laman website sebagai penentu PageRank pada SERPs (Search Engine Result Pages). Kebanyakan Webmaster dan blogger mengabaikan Load Time dan size website. Mereka lebih mementingkan unsur yang membangun struktur halaman website  daripada memikirkan speed loading halaman blog. Padahal faktor ini sangat terpenting!

Now as Google has included the Page load factor while determining SEO of a site, Bloggers have started paying more attention on reducing their site load.
Source : http://www.dailyblogging.org

website design-PageLoadStats

Mengukur Loading Time halaman website

Bayangkan! Jika loading blog sangat lambat – seperti jalannya seekor siput yang memiliki penyakit Asam Urat (Gout atau Arthritis) – karena banyak banner ukuran besar, slideshow foto, video, animasi, widget yang sebenarnya tidak perlu dan terlalu banyak warna. Load time habis dan “CLOSE” sebelum halaman web ditampilkan karena size blog terlalu besar. Jika Anda kesal, pengunjung blog akan lebih kesal dan pergi.

Size blog terlalu besar menyebabkan Loading time terlalu berat atau Close Webpage sehingga visitors pun pergi dan tidak ingin kembali lagi. Implikasi lain PageRank Google juga turun.

Beberapa penyebab Loading Page sangat berat :
  1. Penggunaan widget yang terlalu banyak dan yang dirasa tidak begitu diperlukan.
  2. Memasukkan banner yang berukuran besar.
  3. Penggunaan template yang terlalu banyak warna (idealnya Black and White).
  4. Terlalu banyak slide show berupa video ataupun foto
  5. Terlalu banyak animasi dan flash dan lain sebagainya.
Ingin tahu load page blog Anda?  Silahkan klik link :


Masukkan saja URL (minus http://) pada area yang tersedia (maksimal 10 URL ).
Saya ukur blog sya ini dan muncul jendela seperti ini :
Faktor Loadtime dan Size Website

Hasilnya size dan load page blog ini (Website Design) diatas standar 309,6 KB dan 0.16 second. Standar  size 100KB dan load page 0,10 second akan terpenuhi jika content blog hanya teks saja -  tanpa gambar, widget sedikit , animasi, video dan banner.  Nilai load page dan ukuran (size) file website atau blog dapat  saja berubah-ubah, tergantung update content blog.

Solusi

Kurangi penyebab size blog menjadi besar seperti widget yang tidak diperlukan, banner, image, animasi, slideshow, video dan variasi warna.

Anda harus mengkompres template blog dengan tool  dari layanan situs CSSdrive.com untuk kompres kode CSS.

Anda berminat memasangnya di blog atau website? Caranya mudah. Silahkan ikuti saja tutorial install Speed Test di Blogger dengan melakukan klik judul posting dibawah ini.


Happy Blogging!



read more website design

22 September 2013

jStrip : Software aplikasi pengecilan image website blog


Mengenal jStrip : Compress content image website

jStrip adalah free software aplikasi untuk mengurangi size file image JPEG tanpa harus mengorbankan mutu gambar sebelum di-upload ke website (blog) hanya dengan satu klik. Dengan tampilan simple jStrip memberi kenyamanan kemudahan penggunaan. Anda bisa kompres ratusan gambar di web blog sekaligus dengan sekali klik.

Cara kerja : mengurangi size file image content website

jStrip bisa kompres gambar JPEG hingga ke size 93,4% dari aslinya dengan tetap terjaga kualitas gambar. Bagaimana cara kerja aplikasi ini dalam mengkompres setiap gambar?

  • jStrip mengurangi ukuran file gambar dengan menghapus komentar gambar seperti meta data EXIF, profil warna, thumbnail etc. Data yang dihapus tidak digunakan web browser dan image viewing software (software pelacak gambar).

Free download jStrip website design
jStrip juga melakukan General Cleanup Task seperti, menghapus ekstra bytes di awal dan akhir file, ruang diantara data blocks dan ekstra bytes lain yang tidak diperlukan. Anda bisa lakukan setting dengan klik menu file kemudian pilih Options.

Sebelum pakai jStrip, pastikan gambar yang akan dikompres sudah dicopy, karena hasil dari jStrip akan langsung menimpa gambar asli. Dengan kinerja super cepat, Anda akan merasa mudah setiap kali kompres gambar pakai jStrip. Memang ada software alternatif  seperti ImageResize, TinyPic atau FileOptimizer. Tapi sebaiknya coba dulu jStrip.

FREE download : DISINI jStript

Mengapa Software ini penting?

Pengurangan size file gambar berdampak bagus terhadap Round-trip time (RTT) website.

Round-trip time (RTT) : Waktu yang dibutuhkan client untuk mengirim permintaan dan server untuk mengirim respon via jaringan internet, tidak termasuk waktu dibutuhkan untuk transfer data.
Artinya, tidak termasuk waktu untuk download byte yang ditransfer (karena itu tidak berhubungan dengan bandwidth). Misalnya, suatu browser koneksi untuk pertamakalinya ke server web, maka harus ada minimal 3 RTT :


  • 1 RTT untuk resolusi nama DNS
    1 RTT untuk setup koneksi TCP
    1 RTT untuk permintaan HTTP dan byte pertama dari respon HTTP.

Jika ada banyak halaman web (webpage) tentu membutuhkan puluhan RTT.

Untuk download file ukuran kecil, misalnya gambar yang sudah dimampatkan ukurannya dengan jStript, RTT menjadi faktor utama untuk latency pada "cepatnya" koneksi (broadband).

  • Karena itu, strategi penting mempercepat kinerja webpage adalah dengan meminimalkan jumlah Round-trip time (RTT).

Karena mayoritas RTT terdiri permintaan HTTP dan respon, maka sangat penting meminimalkan jumlah permintaan yang perlu client buat dengan cara :

  1. Memparalelkan gambar sebanyak mungkin dengan Combine images using CSS sprites
  2. Memperkecil ukuran file gambar dengan jStrip.

Memilih Gambar yang akan diperkecil ukuran filenya

Untuk mengetahui gambar mana yang harus dikompress dengan jStript, buka URL :
ketik URL website Anda dan kliK ANALIZE.

Analisa performance website

Pada halaman OVERVIEW akan ditampilkan list URL gambar di website yang akan dicompress

Memilih gambar website untuk di-compress

OK. Selamat mencoba!



read more website design

12 September 2013

Reset akun Yahoo tidak aktif - Website Design tips*)



Kepemilikan account Yahoo atau (Gmail  untuk membuat blog blogger) menjadi kebutuhan user internet, blogger, owner website, admin toko online atau pelaku bisnis online untuk support aktivitas mereka. Salah satu alasan membuat account Yahoo adalah Yahoo memberi kapasitas penyimpanan email tidak terbatas.

Akun Yahoo untuk support website tidak aktif

Anda user internet atau mungkin Anda blogger, harap berhati-hati dengan account Yahoo Anda. Mengapa? Mulai 15 Juli 2013 pihak Yahoo melakukan reset account yang "TIDAK PERNAH LOGIN." Sebaiknya setelah membaca artikel web blog yang sedang Anda baca segera periksa account Yahoo, daripada hilang atau Anda mendapati pesan berikut :

Akun Yahoo non aktif

Latar belakang policy diatas boleh jadi karena :

Account Yahoo tidak pernah dibuka dalam waktu lama karena berbagai alasan, seperti lupa password yang kemudian diblokir dan dibiarkan terlantar tanpa usaha lebih lanjut atau tidak minta bantuan Yahoo. Pihak Yahoo tidak mau memelihara account sampah sehingga dinonaktifkan.

Tapi Yahoo masih memberi kesempatan klaim kembali account yang terlanjur di-reset.

Segera periksa account Yahoo setelah membaca posting artikel blog ini. Rasanya sayang jika ternyata account Yahoo terkena reset karena boleh jadi akun Anda sangat penting, sementara pihak Yahoo menawarkan kapasitas penyimpanan email tiada batas. Sehingga akan sangat menyesal jika kena depak dari Yahoo. Segeralah bertindak!

Jika Account Yahoo Anda terlanjur diblokir kunjungi DISINI.

Pemulihan akun Yahoo terhapus - Website Design tips

Cara mengaktifkan kembali account Yahoo :

  1. Di Personal Computer atau Laptop, kunjungi halaman Sign In Yahoo.
  2. Lakukan input ID Yahoo dan password Anda.
  3. Konfirmasikan ID Yahoo dan selesaikan verifikasi CAPTCHA.
  4. Pilih  Aktifkan Kembali di bagian bawah halaman (Klik NEXT).

Jika sukses, pengaktifan ini dalam waktu hingga 24 jam. Menurut suatu sumber bisa memerlukan 1 bulan terhitung sejak tanggal pengajuan klaim. Ingat bahwa beberapa data account bisa hilang dan tidak bisa dipulihkan. Pendapat pertama yang benar, karena jika prosedur diatas sukses dilakukan kemudian berusaha login sebelum waktu tunggu 24 jam berakhir, kita akan mendapati pesan :

layanan account Yahoo terkunci

Meskipun memulihkan account Yahoo Mail tertentu yang terhapus atau non-aktif bisa dilakukan, pemulihan tidak memungkinkan jika :
  • Account dinonaktifkan karena pelanggaran atas Ketentuan Layanan.
  • Account dihapus lebih dari 90 hari yang lalu.
Jika opsi diatas tidak menjelaskan mengapa account dinonaktifkan, kemungkinan akun dinonaktifkan oleh pihak ketiga. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya ubah password Anda atau mengamankan account. Lihat Yahoo Security Center untuk informasi lebih lanjut tentang keamanan online.

Informasi Tambahan :
Anda bisa upgrade ke Yahoo Mail Plus atau account Yahoo Mail Premium Mailbox untuk melindungi account dari ketidakaktifan di masa mendatang.

CATATAN : Yahoo Mail Plus tidak tersedia di semua wilayah.

Pasca pemulihan akun Yahoo - Website Design tips*)

Jika email Yahoo telah aktif kembali, jangan lupa check email atau sekedar LOGIN. Karena salah satu penyebab account Yahoo tidak aktif ialah tidak pernah login selama 4 bulan.

Setelah proses reaktivasi account email Yahoo Anda, semua email yang masuk (dalam folder, preferensi dan lampiran akan terhapus atau tidak dapat kembali/dipulihkan).

Banyaknya pertanyaan yang berhubungan dengan cara mengaktifkan account Yahoo, berikut ini saya tambahkan link Layanan bantuan Yahoo.

Goodluck! - That's all we know



read more website design

08 September 2013

Javascript HTML CSS membangun blog website


Integration of source codes - website design files

Website    merupakan perpaduan aplikasi source codeJavascript, HTML dan CSS. Mau bukti, silahkan buka source code HTML Editor www.blogger.com.  Pada dasarnya source kode dalam Editor Template Blogger merupakan integrasi antara program penulisan dokumen HTML (file html), penulisan presentasi dokumen (file css) dan Javascript (file js) dari JAVA Runtime Environment. Perpaduan ketiga macam kode diilustrasikan seperti berikut :

integrasi CSS Javascript dan HTML

Mengenal Javascript

Fungsi javascript digambarkan seperti ilustrasi berikut (berdasarkan pengalaman pribadi) :

Dini hari jam 02.00 di bulan November 2010 saya membuka blog, ingin edit HTML, namun ada masalah, hasil pengeditan HTML tidak bisa di-SAVE sama sekali. Saya segera mengirim email pengaduan ke Blogger. Sehari kemudian saya terima notifikasi dari Blogger ke alamat Gmail bahwa : 

fungsi Javascript untuk Editor Template Blogger sedang mengalami masalah dan dalam Maintenance.

Saya menduga. Mungkin saya melakukan pelanggaran Term of Services Blogger tanpa disadari?

Namun saat mencoba Login dengan 2 akun Blog saya yang lain ke Blogger.com ternyata mengalami hal sama. Ada apa dengan 3 akun Gmail saya?. Saya pikir Blogger mungkin sedang Maintenance. Apalagi beberapa teman sesama blogger mengalamai nasib sama.

Benar dugaan saya. Blogger mengirim Notifikasi bahwa :

Editor Template Blogger sengaja mematikan fungsi Javascript untuk tombol Save Template, tombol Bersihkan Template dan tombol Preview

Hal ini beberapa kali terjadi sepanjang tahun 2010-2011. Pada bulan Maret 2011, selama 3 hari Blogger ditutup. Berulang lagi pada 1 september 2011. Setelah itu memang ada perombakan fitur Blogger menghasilakan format menu yang baru. Misalnya fitur Live on Blog berdampingan dengan fitur Mobile (View blog dan View di HP). Di bawah Live on Blog ada fitur Customize dan Edit HTML.

  • Terkait pemberitahuan Blogger diatas, saya lebih menyoroti pesan tentang keberadaan fungsi Javascript untuk tombol menu Blogger. Artinya tombol tersebut menyiratkan fungsi Javascript.

Mengenal HTML
Hyper Text Markup Laguage seperti teks biasa tetapi memungkinkan dibaca semua Browser (FireFox, IE, Google, Opera) sehingga isi konten berupa kode dapat dibaca dan dieksekusi oleh semua Browser. HTML hanyalah salah satu bahasa penulisan file. Selain HTML juga ada XML dan XTML. Hampir semua penulisan Tag dilengkapi tag awal dan tag akhir. Setiap dokumen file HTML memiliki struktur dasar  ini :

<!DOCTYPEhtml>
<html>
<head>
<title>'''Selamat Datang di Blog Saya'''</title>
</head>
<body>
<p>Nama saya Yusuf The Doublehorn!</p>
</body>
</html>

HEAD
Header section diapit tag <HEAD> dan </HEAD>. Snippet ini memuat tag TITLE yang menampilkan judul webpage pada browser. Tag title digunakan untuk memberi suatu mark pada website. Browser menyimpan “title” sebagai bookmark. Dalam searching, title digunakan sebagai keywordnya. Header memuat tag META yang berguna untuk menentukan informasi tertentu mengenai file HTML, misalnya menentukan author name dan keywords pada tag META. Contoh :

<meta name="Yusuf" content="Bisnis takaful online">

ELEMEN BODY
BODY Section diapit tag <BODY> & </BODY> sebagai tubuh (isi) file HTML dimana diletakkan informasi yang akan ditampilkan pada browser.

TAG
HTML tidak membedakan huruf besar atau kecil suatu elemen. Elemen HTML terdiri tag-tag beserta teks yang ada di dalamnya. Tag dinyatakan dengan tanda awal < dan tanda akhir > dan biasanya merupakan pasangan :

1.  Tag awal, dinyatakan dalam bentuk <nama tag>   
2.  Tag akhir, dinyatakan dalam bentuk </nama tag>. 

Contoh Format  :
  • <nama tag> teks yang ditampilkan </nama tag>
ATRIBUTE
Tag awal bisa memiliki beberapa atribut yang menyatakan karakteristik tag tersebut. Misal, pada atribut ALIGN : Saat dinyatakan karakteristik alinea rata kiri dan rata kanan. Tag yang digunakan :
  • <p align=”justify”></p>
Nilai yang bisa menyertai atribut ALIGN ada 4, yaitu : Center, Left, Right dan Justify.


Mengenal Cascading Style Sheet
Isi atau konten blog terdiri 2 bagian :
  • 1.   Konten dokumen berupa teks, gambar, video, film, foto, audio dan sebagainya.
    2.   Berupa format desain untuk presentasi dokumen blog.
Awalnya tampilan dokumen blog diatur dengan membuat tag HTML. Namun kemudian tag tampilan ini dikembangkan lebih jauh menjadi bahasa penulisan kode untuk presentasi dokumen blog yang berdiri sendiri. Dalam praktek 2 penulisan ini - HTML dan CSS - kadang terpisah dan bisa pula terintegrasi. Dalam satu file kode pada website dapat digunakan bahasa HTML dan CSS secara bersamaan.

Jika penulisan terpisah maka akan ada file HTML dan file CSS sendiri-sendiri. Kelebihan penulisan secara terpisah adalah bisa menguraikan kerumitan (kompleksitas) penulisan kode dan juga lebih fleksibel dalam menuangkan ide dalam rekayasa website. Dan lebih memudahkan bagi yang memilki akses ke kode tersebut. Kelebihan lain adalah file CSS bisa direferensikan oleh file HTML.

Cascading Style Sheet merupakan bahasa pemrograman web untuk mengatur style halaman Website sehingga lebih terstruktur dan seragam. CSS merupakan bahasa penulisan kode sama seperti HTML menggunakan teks biasa. Penulisan CSS digunakan untuk mendefinisikan LAYOUT blog, pilihan huruf, warna dan aspek presentasi lain.
                          
Sama seperti styles pada aplikasi pengolahan kata seperti Microsoft Word yang dapat mengatur beberapa style, seperti  heading, sub-bab, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk digunakan bersama-sama dalam beberapa file. Biasanya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML.

CSS mengatur size gambar, warna bagian tubuh teks, warna tabel, size border, warna border, warna hyperlink, warna mouseover, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan parameter lain.[1]  CSS adalah bahasa style sheet C yang digunakan untuk setting tampilan dokumen blog sehingga memungkinkan kita tampilkan halaman sama dengan format beda.

User  HTML, CSS dan Javascript adalah webmaster, web developer, web designer  dan pengakses kode Website lainnya. CSS memang diciptakan untuk memecah kerumitan penulisan kode blog atau website dengan memisahkan dan membagi menjadi penulisan file dokumen yang menggunakan HTML dan penulisan bentuk presentasi.



read more website design
Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading